Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Pemkab Nagan Raya Terima Alat Monitoring Gempa dan Tsunami dari BMKG

Kategori : Pemerintahan Rabu, 29 Juli 2020 - Oleh adminweb

Siaran Pers No. 488/088/HUMPRO/VII/2020

Senin, 29 Juli 2020

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menerima warning recerver system inatews atau alat monitoring gempa dan tsunami dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Alat tersebut diberikan langsung oleh BMKG pusat melalui Stasiun Geofisika BMKG Aceh Selatan dan diterima oleh Sekretaris Daerah TR Johari didampingi oleh Kepala BPBD Nagan Raya, Mistar dan Kabag Humas Protokol, Maksum, Suka Makmue, Jum’at, 17 Juli 2020.

Pihak BMKG Aceh Selatan menempatkan alat tersebut pada Lobi kantor bupati setempat.

Dikatakan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Selatan, Sugeng Prayitno alat itu nantinya dapat memberikan informasi yang cepat dan akurat mengenai pergerakan gempa bumi yang terjadi di seluruh Indonesia.

“Ini nanti akan berguna untuk pimpinan dalam pengambilan keputusan sehingga pemerintah dapat segera memberikan peringatan maupun antisipasi pada masyarakat apabila terjadi gempa yang berpotensi Tsunami,”ujarnya.

Sugeng menerangkan alat tersebut akan segera memberikan sinyal pesan peringatan apabila terjadi gempa diatas kekuatan 5 SR.

Melalui Monitor canggih itu pemerintah maupun masyarakat setempat juga bisa melihat riwayat setiap pergerakan gempa yang terjadi diseluruh Indonesia

Bersamaan dengan itu, Sekda TR Johari turut mengapresiasi BMKG atas pemberian alat tersebut yang dinilai sangat berguna bagi masyarakat dan pemerintah khususnya.

“Kami dari pemerintah kabupaten nagan raya mengucapkan terima kasih banyak atas alat monitoring gempa tsunami yang diberikan pihak BMKG tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi kita,” demikian ujarnya.

(HUMAS DAN PROTOKOL NAGAN RAYA)