Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Pemkab Nagan Raya Laksanakan Kegiatan GISA

Kategori : Pemerintahan Selasa, 19 November 2019 - Oleh adminweb

Suka Makmue - Pemerintah kabupaten Nagan Raya dalam hal ini Disdukcapil Kabupaten Nagan Raya melaksanakan kegiatan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tingkat kab/kota dan layanan terpadu rekam-cetak KTP-EL dan Dokumen kependudukan lainnya yang berlangsung di Aula SKB Komplek Perkantoran Suka Makmue. Selasa (19/11).

Acara tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 19 November s/d 21 November 2019 yang bekerjasama dengan Dinas Registrasi Kependudukan Aceh dan Disdukcapil Kabupaten Aceh Barat. Acara tersebut dibuka oleh Asisten Ekonomi dam pembangunan H.Said Azman,SH yang mewakili Bupati Nagan Raya. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan “Kependudukan sebenarnya merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. penduduk harus menjadi subyek sekaligus obyek pembangunan. kualitas penduduk yang baik akan melahirkan SDM yang baik pula. jumlah penduduk yang besar akan menjadi berarti bila sebagian besar dari mereka mampu berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan, sebaliknya jumlah penduduk yang besar akan menambah beban ekonomi dan pembangunan, bila tidak dapat diberdayakan secara baik.

Tambahnya “Administrasi kependudukan yang menyangkut seluruh masalah kependudukan yang meliputi pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan data informasi kependudukan patut kita wujudkan dan dukung sepenuhnya.

“Saya berharap agar Disdukcapil perlu kerja keras dan kerjasama kita semua untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga meningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan ini. kita harus dapat menjangkau dan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berada dipelosok-pelosok desa/ gampong, sehingga semuanya mengetahui dan menyadari tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan. mengingat masih ada masyarakat yang belum memiliki KTP atau dokumen kependudukan lainnya, maka pemerintah kabupaten Nagan Raya sangat mendukung program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). dengan kegiatan layanan rekam-cetak ini, mampu membuat masyarakat bahagia dalam arti puas dalam pelayanan yang diberikan oleh Dinas Registrasi Kependudukan Aceh dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat.

Melalui kegiatan ini diharapkan terbangunnya ekosistem Pemerintahan dan masyarakat yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan dengan targetnya masyarakat, aparatur petugas pelayanan dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta). Kegiatan ini diharapkan agar dapat meningkatkan perilaku tertib administrasi kependudukan dari lingkup terkecil yaitu keluarga, dalam hal pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan yang diperlukan oleh setiap penduduk,dan dapat meningkatkan kinerja guna dokumen kependudukan bagi berbagai pelayanan publik serta mendukung pencapaian target kinerja pemerintah di bidang penertiban dokumen kependudukan. Tambahnya.
Turut hadir dalam acara tersebut Para SKPK, Para Camat dan Para Geuchik serta masyarakat dalam lingkup Kabupaten Nagan Raya.

-HUMAS DAN PROTOKOL-