Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Sebanyak 115 orang Imum Mesjid/Meunasah Se- Nagan Raya Dilatih

Kategori : Agama Rabu, 06 November 2019 - Oleh adminweb

Suka Makmue, Sebanyak 115 orang Imum Mesjid / Meunasah Se- Kabupaten Nagan Raya mengikuti Pelatihan tentang Pemantapan Pemahaman Agama. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Rabu (06/11).

Kabag Keisos Setdakab Nagan Raya, Baihaqi Husen, S.Ag.MH, sebagai ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan ini melalui Keputusan Bupati Nagan Raya Nomor 452/138/Kpts/2019 tanggal 5 April 2019 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kegiatan Pemantapan Pemahaman Agama untuk Imum Mesjid/Meunasah Se-Kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 06-08 November 2019, dengan Pemateri/Narasumber berbeda-beda pada setiap harinya. Sebanyak 3 orang Pemateri didatangkan langsung dari Provinsi Aceh yakni Tgk. Ali Fikri Salman Saf, Prof.DR. Azman Ismail,MA yang merupakan Imum Chik Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, dan Prof.DR. Syarizal Abbas, MA.

Sementara itu, Bupati Nagan Raya yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Nagan Raya, Zulfika,SH dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan fungsi Imum Mesjid/Meunasah dalam penguatan pengamalan syariat islam pada masyarakat gampong di Kabupaten Nagan Raya, karena ini merupakan tanggungjawab Imum Mesjid/ Meunasah dalam membina akidah dengan menjadikan tempat ibadah sebagai pusat pertumbuhan peradaban islam, tempat konsutasi hukum islam maupun kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Sebagaimana diketahui banyak persoalan pendangkalan akidah umat bahkan adanya usaha kristenisasi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu dengan berbagai modus dan strategi sehingga telah berdampak negatif terhadap pemahaman keagamaan dalam masyarakat.

Untuk itu melalui pelaksanaan pelatihan hari ini diharapkan kepada seluruh pemimpin umat agar bersama-sama dalam menangani berbagai isu dan persoalan tersebut dengan baik, demi terwujudnya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nagan Raya dalam bingkai Agama Tapeukong Budaya Tajaga. Demikian tandasnya.

Acara ini turut dihadiri Wakil Ketua II DPRK Nagan Raya, Puji Hartini, ST.,MM, ketua MPU, PMD, MAA, Kadis Syariat Islam, Sekdis DPMG-P4, Depag, Para Camat, dan Imum Mesjid/Meunasah Se-Kabupaten Nagan Raya.

-HUMAS DAN PROTOKOL-