Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Bupati Nagan Raya Harapkan Kembangkan Inovasi Desa

Kategori : Pemerintahan Selasa, 17 September 2019 - Oleh adminweb

Suka Makmue- Bursa Inovasi Desa Cluster II yang diikuti oleh perwakilan gampong dalam kecamatan Kuala, Kuala Pesisir, Tadu Raya, Dan Tripa Makmur harapkan dapat mengembangkan inovasi desa yang ada diwilayah itu. Selasa (17/09)

Bupati Nagan Raya melalui Sekda Nagan Raya H.T.R. Johari,SE “mengatakan pemerintah pusat telah mengucurkan dana yang sangat fantastis untuk mendukung dan memperkuat desa dalam menjalankan tugas dan kewenangannya, trilyunan kucuran dana dimaksud agar desa dapat mengatur rumah tangganya serta mewujudkan tujuan UU desa yakni terwujudnya desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis. untuk mewujudkan tujuan diatas masih ditemui hambatan dan kendala dilapangan seperti terbatasnya kapasitas pemerintah gampong dalam menyusun perencanaan pembangunan gampong, yang berakibat pada rendahnya kualitas perencanaan, sehingga pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penurunan angka kemiskinan.

Tambahnya, untuk menjawab persoalan ini, maka pemerintah pusat melalui kementerian desa telah mengambil langkah nyata melalui program inovasi desa. program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam undang-undang dalam rangka mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing. produktifitas warga gampong dan kemandirian ekonomi akan mampu mengantarkan gampong-gampong keluar dari garis kemiskinan.

maka program inovasi desa diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap upaya tersebut. oleh karena itu, pemerintah kabupaten Nagan Raya menyampaikan bahwa kita mendukung penuh pelaksanaan program inovasi desa ini dan siap memberikan dukungan nyata kepada progam ini sesuai dengan ketentuan dan kewenangan yang dimiliki.

salah satu kegiatan program inovasi desa adalah bursa inovasi desa, bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa. kegiatan bursa inovasi desa tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya yang dipusatkan dikabupaten, untuk tahun 2019, kegiatan bursa inovasi desa dilaksanakan ditingkat kecamatan baik secara mandiri maupun secara cluster. dan alhamdulillah, pada hari ini yang sedang berlangsung saat ini, kegiatan bursa inovasi desa cluster II yang diikuti oleh perwakilan gampong dalam kecamatan Kuala, Kuala Pesisir, Tadu Raya, dan Tripa Makmur.

perlu ditekankan bahwa bursa inovasi desa merupakan media belajar bagi desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan desa serta sebagai ajang pertukaran “jual-beli” cara-cara atau solusi yang telah dinilai inovatif, terutama terkait kegiatan pembangunan desa. bursa inovasi desa bukanlah kegiatan pameran barang, melainkan pameran ide-ide kreatif dalam pembangunan desa yang dapat ditiru untuk dilaksanakan digampong masing-masing di tahun 2020 nantinya. Ujarnya.

Pada hari ini saya atas nama pemerintah kabupaten nagan raya menyambut baik dilaksanakannya bursa inovasi desa cluster II kabupaten nagan raya, kami berharap saudara saudara yang mewakili gampong masing masing agar benar-benar memanfaatkan ajang bursa ini sebagai forum pertukaran informasi pembangunan gampong dan mengikuti dengan serius dan penuh tanggung jawab. Tutupnya.

 

 

 -Humas dan Protokol-