Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Disbudpar Aceh bersama Disbudparpora Kabupaten Nagan Raya Menggelar FGD Bahas Rancangan Qanun PKA

Kategori : Pemerintahan Selasa, 30 Juli 2019 - Oleh adminweb

NAGAN RAYA- Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbuparpora) Nagan Raya khususnya bidang kebudayaan dan pariwisata ikut dalam Focus Group Discussion (FGD) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh guna membahas rancangan penyusunan Qanun tentang Peukan Kebudayaan Aceh (PKA), yang digelar dalam ruangan Pusdatin Bappeda Nagan Raya, Suka Makmue, Selasa 30 Juli 2019.

Pembahasan itu digelar untuk mengumpulkan saran serta masukan agar agenda PKA yang digelar setiap empat tahun sekali itu memiliki payung hukum yang kuat dan menjadi bagian dari produk hukum di Aceh.

Kadisbudparpora, Teuku Raja Pahlawan melalui Sekretaris, H Abdul Azis, mengatakan bahwa hasil pengkajian untuk menggali semua produk kebudayaan di Aceh khususnya Kabupaten Nagan Raya.

“Hasil dari pembahasan ini masalah syair yang dirika dalam seukat, rapa’i, mano pucok dan lain-lain, kemudian masalah kuliner khas Nagan Raya, baju adat, dekorasi khas pelaminan, seni budaya dan situs bersejarah semuanya perlu digali kembali, sampai membuatkan hak cipta oleh masing-masing pakarnya,”ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Budaya Disbusparpora Nagan Raya mengatakan direncanakan Tahun depan Kabupaten Nagan Raya akan Mengadakan Peukan Kebudayaan Nagan Raya ( PKNR) sebagai perwujudan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nagan Raya Agama ta peukoeng Budaya ta Jaga.

“Pihak Disbudpar Aceh tadi juga mengingatkan agar setiap daerah menjaga budayanya masing-masing Qanun itu nantinya dibuat agar ada pola dan bisa menjadi pedoman setiap budaya yang ada jangan sampai amboradur peraturan nya itu ketetapan hukum yg berlaku ada pasal pasalnya,”ujarnya.

Terlihat hadir pihak Disbudpar Aceh, Prof.DR.Syahrizal Abbas MA yang memimpin diskusi, juga turut hadir Para Pejabat Disbudparora Nagan Raya, Sekretaris Bapeda, Ketua DKA Nagan Raya , para tokoh seniman, Budayawan, pihak MAA serta para tokoh masyarakat di Nagan Raya.

-Humas dan Protokol Nagan Raya-