Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Bupati Nagan Raya hadiri Pelantikan PMI Nagan Raya Periode 2017-2022

Kategori : Pemerintahan Kamis, 22 Februari 2018 - Oleh adminweb

 

SUKA MAKMUE-  Bupati Nagan Raya H. M. Jamin Idham, SE. hadiri acara pelantikan PMI cabang Nagan Raya yang berlangsung di halaman Kantor PMI Nagan Raya gampong Blang Sapek pada Kamis (22/02/18) siang.

Acara tersebut turut dihadiri pula oleh Unsur SKPK dan Muspida Nagan Raya, Ketua PMI Aceh Ir. Teuku Alaidinsyah, M. Eng, Pengurus PMI Periode 2012-2017 dan periode 2017-2022, Ketua PMI Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat dan Abdya, Para Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah SD, SMP, SMA ruang lingkup Nagan Raya, Para Ormas dan Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perusahaan serta para undangan.

Dalam sambutannya H. Ibrahim Idham Selaku ketua PMI Nagan Raya menyampaikan bahwa acara pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nagan Raya priode 2017-2022 berdasarkan Surat Keputusan ketua PMI Propinsi Aceh Nomor : 37/KEP/PMI/XII/2017 tanggal 27 Desember 2017.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa selama kepengurusan lima tahun mendatang setidaknya ada 4 (empat) hal pokok yang ingin di wujudkan yaitu:

  1. Mengaktifkan kembali Unit Transfusi Darah yang nantinya   bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah,
  2. Mengaktifkan kembali unit ambulance keliling sebagai sarana transportasi kemanusian yang gratis,
  3. Menumbuh kembangkan kembali relawan-relawan muda yang senantiasa berkiprah dengan sukarela,
  4. Palang Merah Indonesia (PMI) Nagan Raya, dalam priode kedepan ini sangat  mengiginkan terwujudnya satu unit rumah sakit PMI dengan Type. D atau setidaknya dapat berdiri satu unit Poly Klinik PMI.

“Dari keempat hal pokok tersebut di atas yang merupakan tugas kami kedepan tidaklah mungkin rasanya dapat terealisasi dengan sempurna tanpa bantuan yang maksimal baik dari pemerintah daerah maupun dari PMI Propinsi” unkap Ibrahim Idham.

 

 

Selanjutnya dalam sambutan bupati Nagan Raya H. M. Jamin Idham, SE. menyampaikan bahwa pemerintah Nagan Raya sangat mendukung hadirnya suatu lembaga yang bergerak dibidang kemanusian seperti Palang Merah Indonesia, meskipun pada satuan kerja perangkat daerah kabupaten Nagan Raya juga memiliki lembaga yang mengurusi kegiatan kemanusiaan ini seperti badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) dan dinas sosial serta lembaga terkait lainnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Nagan Raya yang terdiri dari 10 kecamatan memiliki bencana yang berbeda – beda tiap-tiap tahunnya, seperti daerah darul makmur dan tripa makmur yang setiap tahunnya dilanda bencana banjir, sedangkan daerah kecamatan beutong ateuh hampir setiap tahunnya terjadi bencana tanah longsor sementara di kecamatan lain juga terjadi bencana seperti kebakaran, kegagalan panen (puso), dan daerah pesisir juga berpotensi gelombang laut dan tsunami.

“Untuk kejadian hal dimaksud pemerintah kabupaten Nagan Raya tentu tidak mungkin menanganinya sendiri, melainkan membutuhkan bantuan dari semua pihak terutama PMI aceh dan PMI pusat yang ada di jakarta” jelasnya.

Bupati M. Jamin Idham juga menyampaikan pesan kepada pengurus PMI yang baru untuk dapat berkoordinasi dengan instansi terkait seperti rumah sakit sultan iskandar muda menyangkut stok darah untuk kebutuhan darah yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Demi kelancaran tugas – tugas kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PMI Nagan Raya maka kami telah membantu dana alakadarnya, kami harap dana tersbut dapat dimamfaatkan dengan sebaik – baiknya jangan sampai terjadi masalah yang sama – sama tidak kita inginkan” tegas bupati yang kerap disapa Haji Jamin.