Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

GUBERNUR ACEH MERESMIKAN PERKANTORAN SUKA MAKMUE SEBAGAI IBUKOTA NAGAN

Kategori : Pemerintahan Selasa, 29 Agustus 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE- Gubernur drh. Irwandi Yusuf, M. Sc. meresmikan Pusat Perkantoran Suka Makmue sebagai Ibukota Kabupaten Nagan Raya pada Selasa (29/8/2017), yang berlangsung di Alun Alun komplek perkantoran Suka Makmue. 

 Pada acara tersebut di hadiri oleh drh. Irwandi Yusuf, M. Sc. selaku gubenur aceh, Drs. H. T. Zulkarnaini selaku bupati Nagan Raya, H. Jamin Idham, SE. selaku Wakil Bupati Nagan Raya , dra. Hj. Cut Intan Mala selaku Sekda Nagan Raya, Ketua DPRK Hj. Kelimah, S. Sos. Kapolres AKBP Mirwazi, Dandim 0116 Moch Wahyudi, Kajari Nagan Raya, Anggota DPRA Aceh, SKPA, unsur Forkopimda, Ketua MPU dan MAA Nagan Raya, Perwakilan Sekda Aceh, unsur Muspika, Para Camat, Keuchik, Tokoh adat Tokoh Ulama  dan sekitar 5000 Masyarakat Nagan Raya.

 Acara  Peresmian tersebut ditandai dengan drh. Irwandi yusuf yang menandatangani batu prasati dan diteruskan dengan menekan tombol sirine yang dilakukan Irwandi didampingi Bupati Nagan Raya, Teuku Zulkarnaini, Wabup Jamin Idham, Ketua DPRK Hj Kelimah, Kapolres AKBP Mirwazi, Dandim 0116 Moch Wahyudi, Kajari Nagan Raya dan disaksikan ribuan warga.

 Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini, mengharapkan kepada gubernur Aceh bahwa di Nagan Raya bisa di bangun Pelabuhan untuk tranportasi guna mengakomodir pesatnya perekonomian di bidang perkebunan sawit yang ada di Nagan Raya.

 Dengan sedikit menyinggung kabupaten ABDYA yang mengklaim mengalami pertumbuhan perekonomian perkebunan sawit disana, Ampon bang mengatakan “Maaf pak Gubernur, saya rasa di nagan lebih layak untuk di bangun pelabuhan karena berdasarkan data yang kami peroleh ada sekitar 112 ribu hektar perkebuna sawit yang di olah perusahaan, sedangkan untuk masyarakat gampong itu sekitar 5555 hektar  dan penghasilan 125 ribu ton sawit, sebuah pencapaian yang luar biasa menurut kami”.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri sambutannya Ampon Bang juga menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Nagan Raya atas kinerja beliau selama ini yang mungkin belum sempurna. Beliau juga menyampaikan permintaan maaf kepada wakil bupati Nagan Raya sekaligus bupati terpilih periode selanjujtnya agar memaaf kan beliau jiak beliau melakukan kesalahan.

“Saya rasa sekarang adalah waktu yang tepat pak Jamin, untuk meminta maaf yang di saksikan oleh masyarakat nagan, selamat untuk bapak yang akan memimpin periode selanjutnya saya harap bapak bisa melanjutkan pembangunan di Nagan Raya.”

Sementara itu, Irwandi mengapresiasi kinerja yang sudah dilakukan Pemkab Nagan Raya dibawah kepemimpinan Bupati Teuku Zulkarnaini. Karena telah melakukan pembangunan di Nagan Raya salah satunya komplek perkantoran Suka Makmue di areal seluas 314 hektare tersebut guna menciptakan ibukota baru pemerintahan setempat.

"Meski banyak kabar tak baik yang saya dengar tentang Pon Bang (Sebutan untuk T Zulkarnaini), namun semua itu tak benar dan tak terbukti. Saya apresiasi atas keberhasilan membangun Nagan Raya," kata Irwandi yang disambut meriah tepuk tangan hadirin.

Beliau pun melanjut kan “ kalau untuk pon bang begitu saya apa kurang, sampai isu pembangunan gereja di aceh, korupsi terbesar di aceh sampai-sampai ya tidak terbukti semuanya”. Pernyataan tersebut pun, spontan di balas dengan gelak tawa masyarakat yang hadir.

Selanjutnya, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf merencanakan akan melakukan pembangunan Pelabuhan Ekspor hasil akhir Crude Palm Oil (CPO) di Kabupaten Nagan Raya. Sehingga nantinya, seluruh hasil perkebunan kelapa sawit dari Aceh tidak lagi dikirim ke luar daerah dalam bentuk CPO. Tapi harus di ekspor dalam bentuk barang jadi, seperti minyak goreng, serta sejumlah produk lainnya.

Menurutnya, selain akan membangun sejumlah Refinery dengan menggandeng investor asing.Nantinya seluruh hasil CPO Aceh ke depan tak boleh lagi di jual ke Medan, Sumatera Utara. "Akan tetapi wajib di jual di Aceh melalui perusahaan yang memiliki Refinery," tuturnya.