Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

RSUD NAGAN RAYA BERKOMITMEN MELAKSANAKAN AKREDITASI VERSI 2012

Kategori : Pemerintahan Sabtu, 29 Juli 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE – Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini menghadiri acara Prosesi pengucapan ikrar Ratusan petugas medis yang bertugas di RSUD Nagan Raya pada Jumat (28/7/2017) siang. Pengucapan ikrar dimaksud untuk memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit itu dan berkomitmen untuk mendukung dan melaksanakan akreditasi rumah sakit.

Prosesi pengucapan ikrar ini sendiri dipimpin oleh Direktur RSUD Nagan Raya, dr. Agus Saputra dan dihadiri Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini dalam kapasitas jabatan selaku pemilik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Bersama dewan pengawas, Direktur RSUD, Dinkes, dan Para petugas pendukung lain, mewakili masyarakat di sekitar RSUD, Muspika Kecamatan Kuala terdiri dari Camat, Danramil, dan Kapolsek menandatangani komitmen bersama mendukung secara sepenuh hati untuk pencapaiannya status terakreditasi rumah sakit berplat merah tersebut.

Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini berharap proses akreditasi ini dapat di peroleh dengan cepat, paling lambat pada tahun 2018 mendatang rumah sakit kebanggan di Nagan Raya ini akan terakreditasi. Bupati Nagan Raya mengharapkan dukungan semua pihak agar proses menuju rumah sakit terakreditasi dapat terwujud.

"Tanpa dukungan penuh dari seluruh komponen masyarakat Nagan Raya sulit untuk mencapai akreditasi, Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya baik peningkatan mutu SDM maupun peningkatan sarana dan prasarana untuk pencapaian akreditasi," terang Bupati yang akrap disapa Ampon Bang itu.

Sedangkan untuk Penilaian akan dilakukan oleh Lembaga KARS sebuah lembaga yang oleh Pemerintah ditunjuk untuk melakukan akreditasi terhadap RSUD. Untuk RSUD Nagan Raya, menurut Direktur RSUD Nagan Raya, Agus Saputra saat ini masih berstatus tipe C sesuai dengan Permenkes namun belum terakreditasi. 

Direktur Rumah Sakit dr. Agus Saputra menjelaskan, akreditasi RSU adalah pengakuan atas kualitas pelayananan dengan dasar hukum akreditasi RSU UU nomor 36 tabun 2009 tentang kesehatan, UU nomor 44 2009 tentang RSU. 

Permenkes 1144/Menkes/per/VIII/2010, akreditasi RSU mengandung arti suatu pengakuan yang diberikan pemerintah kepada RSUD karena telah memenuhi standar yang telah ditetapkan.

"RSU yang telah terakreditasi mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua hal yang ada di dalamnya sudah sesuai dengan standar. Sarana dan prasarana yang dimiliki sesuai dengan standar," jelasnya.