Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

BUPATI NAGAN RAYA MERESMIKAN BALAI PWI NAGAN

Kategori : Pemerintahan Rabu, 07 Juni 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE- Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini menghadiri acara pelantikan sekaligus meresmikan pengurus balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupten Nagan Raya pada Rabu (07/06/2017) yang berlangsung di kompleks Perkantoran Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini, Ketua Umum PWI Aceh, Pimpinan DPRK Nagan Raya, Dandim 0116 Nagan Raya, Kepala Kejaksaan Negeri Nagan Raya, Kapolres Nagan Raya, Para Kepala SKPK Dalam Lingkup Pemerintahan Kabupaten Nagan Raya, Para Wartawan Senior, Perwakilan Organisasi Jurnalis  yang ada di Nagan Raya serta Ketua dan Jajaran Pengurus Balai PWI Nagan Raya yang baru dilantik.

PWI merupakan organisasi tertua yang ada di Indonesia, berdiri pada 9 februari 1946 dengan landasan hukumUndang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 dan organisasi yang memiliki anggota terbanyak di Indonesia.

Pada acara pelantikan pengurus PWI Nagan Raya periode 2017-2020 tersebut Ibrahim Istra yang merupakan wartawan dari Harian Rakyat Aceh  dilantik sebagai ketua PWI Nagan Raya. Selain itu, dalam kepengurusan PWI cabang Nagan Raya, juga diisi oleh Usman sebagai sekretaris, Azis Saputra sebagai wakil sekretaris dan Muji Burrahman sebagai bendahara.

Dalam sambutannya pertama-tama Tarmilin Usman selaku ketua PWI Aceh mengucapkan selamat kepada Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini karena telah meraih Opini WTP untuk yang ke-9 kalinya secara berturut-turut. Ia juga nyampaikan untuk oengurus PWI yang baru, diharapkan bisa memegang amanah dan menjalankan tugas jurnalis dengan baik dan sesuai dengan kode etik yang berlaku.

Tarmilin Usman Menyebutkan, bahwa syarat untuk menjadi anggota PWI “sebenarnya gampang-gampang susah, maksudnya ialah wartawan yang professional dengan bukti telah lulus uji kompetensi, dan Alhamdulillah wartawan yang kita lantik sekarang ini telah lulus uji kompetensi semua” tegasnya.

Usman juga menghimbau kepada seluruh wartawan yang ada di Nagan Raya agar mau mengikuti uji kompetensi, di karenakan "pada hari Pers di ambon beberapa hari yang lalu telah di lakukan MoU antara TNI-POLRi dimana apabila ada wartawan yang belum lulus uji kompetensi maka boleh untuk tidak memberikan informasi ketika meminta informasi" ujarnya.

Selanjutnya dalam Sambutannya Drs. H. T. Zulkarnaini menyampaikan “Saya selaku pribadi maupun atas nama kepala pemerintahan Kabupaten Nagan Raya mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus yang telah dilantik. semoga balai PWI Nagan Raya dapat terus berperan dalam membina, melindungi,  dan mendorong peningkatan kapasitas anggotanya”.

Beliau juga meneruskan bahwa Khusus di Nagan Raya, PWI secara kelembagaan baru hadir, namun secara personal wartawan anggota PWI sudah lama melakukan kegiatan jurnalistik di Kabupaten Nagan Raya dan  sebelumnya juga  ada beberapa organisasi perkumpulan wartawan yang sifatnya lokal  yang aktif sampai saat ini telah banyak  menberikan konstribusi positif yang sifatnya menbangun kepada  pemerintah daerah.

Selanjutnya pada acara tersebut Sehubungan dengan hal itu Drs. H. T. Zulkarnaini juga menyampaikan beberapa pesan untuk pengurus PWI Nagan Raya yang baru saja di lantik.

Pertama, sebagai organisasi wartawan terbesar , pengurus balai PWI Nagan Raya harus tampil kompak dan bersatu sehingga mampu melahirkan program-program berkualitas bagi para wartawan anggotanya.

Kedua, dalam membina para anggotanya, balai PWI Nagan Raya  harus menekankan pada kepatuhan terhadap undang- undang nomor  40 tahun 1999 tentang pokok-pokok pers  dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik. saya yakin, semakin profesional para wartawan dalam menjalankan tugasnya, maka semakin kecil peluang terjadi konflik antara pers dengan pihak-pihak yang diberitakan.

Ketiga, balai PWI Nagan Raya perlu mendorong anggotanya agar turut bertanggungjawab menjaga keharmonisan dan ketertiban melalui berita-berita yang jauh dari unsur penghasutan, apalagi rekayasa fakta. setiap informasi harus ditulis dan disampaikan dengan bijak agar berita tersebut tidak memunculkan kekisruhan di masyarakat. oleh sebab itu, saya mengajak  wartawan untuk peduli masalah ini dengan menyajikan berita-berita yang bijak sehingga tingkat kepercayaan orang luar kepada Nagan Raya semakin tinggi. untuk itu saya berharap balai PWI Nagan Raya dapat terus mengembangkan pendidikan jurnalisme damai kepada anggotanya.

Keempat, sebagai pimpinan  pemerintahan di Nagan Raya, saya menyadari bahwa untuk menjalankan pembangunan yang berkualitas di daerah ini dibutuhkan kontrol dan pengawasan yang ketat dan akurat. karena itu, peran aktif wartawan sebagai kontrol sosial harus ditingkatkan.  saya berharap kepada para wartawan di Nagan Raya  dapat lebih cerdas menilai proses dan hasil-hasil pembangunan itu, sehingga pemerintah sebagai implementor dapat melakukan autokritik agar proses pembangunan itu berjalan lebih efektif, terarah dan tepat sasaran.

Di akhir sambutannya bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulkarnaini menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Nagan Raya  sekali menguncapkan selamat bertugas kepada pengurus balai PWI Nagan Raya dan sebagai wujud kepedulian kami kepada wartawan  kami menberikan gedung ini agar dapat dimanfaat dengan sebaik mungkin, pergunakan gedung ini benar-benar untuk  meningkatkan kapasitas dan kualitas wartawan yang ada di dalam Kabupaten Nagan Raya. Dan yang terakhir bangun kerjasama yang baik dan bersinergi dengan  asosiasi wartawan local yang sudah ada sehingga kesan lebih eksklusif tidak muncul , yang harus muncul  secara menonjol adalah semangat kebersamaan dalam menjalankan tugas profesi jurnalistik, meningkatkan  kualitas kapasitas wartawan.