Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

RELOKASI MAKAM 13 PAHLAWAN NAGAN TELAH DILAKSANAKAN

Kategori : Pemerintahan Jumat, 19 Mei 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE – Rangkaian kegiatan Upacara Militer dalam rangka Relokasi makam 13 pahlawan yang gugur di medan perang cumbok Nagan Raya dari lokasi lama di Gampong Latong Kec. Seunagan ke lokasi baru di kompleks TMP kab. Nagan raya DS. Blang sapek Kec. Suka Makmue Kab. Nagan Raya telah dilaksanakan pada kamis (18/05) pukul 08.00-14.00 WIB.

Sedangkan geladi upacara dan penggalian makam dilakukan di lokasi taman makam pahlawan lokasi baru di Gampong Blang Sapek Kecamatan Suka Makmue, pada Rabu (17/05). Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Kav M Wahyudi menjelaskan kegiatan geladi kemarin turut dihadiri Asisten 1 Setdakab Zulfikar, Kadis Syariat Islam Abdul Kadir, Kadis Sosial Mustafa, dari MPU Tgk Daud Sabi, Keuchik Blang Sapek Sopian, ketua panitia penggalian makam Hasan, tokoh masyarakat Blang Sapek, dan dua regu salvo dari Kodim.

Adapun jumlah makam yang direlokasi sebanyak 13 makam, di mana mereka adalah para prajurit TNI dan Polri yang gugur pada saat terjadi peristiwa Perang Cumbok tahun 1948 silam. Berikut 11 anggota TNI dan Brimob yang gugur pada saat terjadi Perang Cumbok pada 14 Juni 1948, di antaranya:

1.Sertu T Bustamam,

2. Sertu Mustafa,

3. Serda Rusli,

4. Kopral Abdullah,

5. Pratu Marhaban,

6. Pratu Usman Isa,

7. Pratu Suparjo,

8. Pratu Abu Bakar,

9. Pratu Muhammad,

10. Pratu Muhammad Ali, dan

11. satu orang Tak Dikenal, baik Identitas Maupun Riwayat Hidupnya .

Penggalian makam itu dilakukan oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh TNI, Polri, anggota pramuka dan Tagana dan dari Dinas Sosial. Penggalian ini juga disertai hujan, namun prosesi penggalian dan upacara militer pemindahan makam terus berlanjut. Dandim Nagan Raya Letnan kolonel Kav M Wahyudi dalam amanatnya menceritakan, Perang Cumbok yang meluas ke barat selatan Aceh terutama ke Blang Tripa dan Gampong Alue Waki atau saat ini dikenal Gunong Kong Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.

Adapun pertimbangan dilaksanakannya relokasi Taman Makam Pahlawan dari Gampong Latong Kecamatan Seunagan ke lokasi baru di Kompleks TMP Nagan Raya di Gampong Blang Sapek Kecamatan Suka Makmue karena kondisi sudah tidak layak lagi.

“Bahwa TMP yang lama kondisinya sudah tidak layak. Selain sempit, bagian belakang sudah mulai longsor tergerus arus sungai. Selain itu lokasi TMP lama bercampur dengan TPU masyarakat umum sehingga menyulitkan ketika mengadakan upacara penghargaan dan doa kepada para pahlawan,” ujarnya.