Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

PEMKAB NAGAN GELAR MUSRENBANG 2018

Kategori : Pemerintahan Rabu, 22 Maret 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE- Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Bappeda setempat rabu (22/03) melakukan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tahun 2018. Kegiatan MUSRENBANG tersebut berlangsung di Aula Setdakab Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Turut hadir dalam kegiatan MUSRENBANG tersebut unsur Forkopimda, unsur Muspika, para SKPK dalam lingkup Pemkab Nagan Raya, Kepala Bappeda Aceh yang diwakili Ksb. Kependudukan dan kesejahteraan Royhan Putra, SE. MM. serta para undangan lainnya.

Plt Kepala Bappeda Nagan Raya Eddy Rusdi Nur, SSTP. M.Si dalam laporanya mengatakan, MUSRENBANG RKPK Kabupaten Nagan Raya tahun 2018 untuk merumuskan pemutakhiran rancangan rencana kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK) Nagan Raya tahun 2018 serta rancangan renja SKPD bedarsarkan sumber pembiayaan dari APBK, APBA Provinsi,APBN serta sumber dana lainnya,sehingga dapat mewujudkan tata kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang lebih baik.

Tujuan dilakukan MUSRENBANG tersebut untuk mendapatkan penyempurnaan rancangan awal RKPK yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi SKPD, rancangan alokasi dana termasuk pemutakhiran data dan informasi mengenai kegiatan yang pendanaanya berasal dari APBK ,APBA, APBN dan sumber pendanaan lainya. Sedangkan pelaksanaan MUSRENBANG tersebut berlansung selam dua hari sejak tanggal 14s/d 15 dengan jumlah peserta 160 orang.

Selain itu Eddy menambahkan,hasil musrembang Kabupaten Nagan Raya nantinya akan diteruskan ke MUSRENBANG Provinsi yang kemudian dilanjutkan ke MUSRENBANG tingkat Nasional di Jakarta. Diharapkan dengan penyelenggaraan MUSRENBANG tersebut,dapat menghasilkan usulan serta program dan kegiatan yang pro terhadap rakyat,baik program melalui sumber dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi serta sumber dana APBN.

Bupati Nagan Raya Drs. H.T. Zulkarnaini dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MUSRENBANG mempunyai makna yang sangat penting serta mengandung nilai yang sangat strategis dalam upaya menampung dan mengaplikasikan berbagai langkah serta tindakan kebijakan umum, sehingga prioritas pembangunan dan plafon/pagu berdasarkan fungsi SKPK sesuai dengan dinamika yang senantiasa tumbuh dan berkembang dalam masyrakat yang seamakin kritis dan partisipatif.

Selain itu H.T. Zulkarnaini dalam kegaiatan MUSRENBANG mengajak seluruh peserta agar dengan segala pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki,untuk mengintegrasikan, mendialogkan pikiran dan pandangan masing-masing guna untuk mempercepat langkah dan memacu kinerja pembangunan Kabupaten Nagan Raya. Dismping itu juga dapat diharapkan terwujudnya pemberdayaan daerah dan peningkatan kualitas peran serta masyarakat dalam menetapkan kebijakan umum pembangunan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan, karakteristik dan potensi daerah.

Sebagai tahun terakhir masa pemerintahan Bupati periode 2012-2017, tentunya juga sebagai tahun terakhir dari pelaksanaan RPJM Kabupaten Nagan Raya 2012-2017, meskipun tantangan kedepan yang harus di hadapi semakin berat. pasalnya Nagan Raya kedepan ingin menuju pembangunan yang maju dan sejahtera. Selain itu H.T. Zulkarnaini juga mengingatkan, dalam menyusun perencanaan serta program tahun mendatang,agar dapat melakukan program yang bermanfaat dan jangan sampai terjadi copy paste program ataupun perencanaan yang telah dilakukan tahun sebelumnya.


Disisi lain Ampon Bang juga mengatakan,penyelenggaraan MUSRENBANG kali ini memiliki arti yang sangat penting,sehingga diharapkan semua pihak sebagai pelaku pembangunan, hendaknya dalam menyusun dan mengusulkan program serta kegiatan 2017 nantinya memiliki indikator yang terukur dan tepat sasaran untuk menuju penciptaan lapangan kerja yang merata dan penanggulangan kemiskinan