SABER PUNGLI NAGAN RAYA DIKUKUHKAN

Kategori : Hukum Senin, 09 Januari 2017

Suka Makmue- Bupati Nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini senin (09/01) mengukuhkan, unit satuan tugas sapu bersih pemberantasan pungutan liar (Saber Pungli). Kegiatan tersebut berlangsung di ruang lobi Kantor Bupati Nagan Raya Kompleks Perkantoran Suka Makmue.


Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh unsur Forkopimda setempat, unsur Muspika, para SKPK dalam lingkup Pemkab Nagan Raya serta pengurus saber pungli yang akan dikukuhkan oleh Bupati setempat.


Pengukuhan unit satuan tugas sapu bersih pemberantasan pungutan liar di daerah setempat merupakan tindak lanjut dari peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar, yang selanjutnya disebut satgas saber pungli. Pengukuhan satgas Saber Pungli merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah dalam memberantas pungli, sehingga dengan demikian diharapkan kepercayaan publik terhadap pemerintahan yang proporsioanal dan profesiaonal akan kembali terwujud.


Bupati Nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini dalam sambutannya mengatakan, pemerintah setempat melihat bahwa praktik pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, sehingga Pemkab Nagan memandang perlu dilakukan upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera terhadap pelaku pungli tersebut.


Selain itu H.T Zulkarnaini juga menambahkan, praktik pungli sekecil apapun jika dibiarkan akan menjadi budaya dalam pelayanan masyarakat, budaya tidak sehat tersebut akan dicontoh dan diwarisi oleh generasi berikutnya. Untuk itu diharapakan dengan dikukuhkan saber pungli tersebut merupakan starting point dalamm upaya memutus mata rantai praktik pungli dalam pelayanan publik di Kabupaten Nagan Raya.


Dalam pelaksanaan Saber Pungli tersebut ada beberapa kelompok kerja yang diantaranya, kelompok kerja unit intelijen, kelompok kerja unit pencegahan, kelompok kerja unit penindakan, kelompok kerja unit yustisi serta kelompok ahli. Sedangkan Bupati Nagan Raya kedudukan dalam unit satgas sebagai pengendali dan penanggung jawab, Waka Polres Nagan Raya ketua pelaksana, Inspektur Kabupaten Nagan Raya sebagai Wakil Ketua I serta unsur pengurus lainnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32