PEMKAB NAGAN GELAR SEMINAR SEJARAH KERAJAAN

Kategori : Budaya Senin, 26 Desember 2016

Suka Makmue- Pemkab Nagan Raya sabtu(24/12) melalui Disbudparpora setempat sabtu(24/12) menggelar seminar sejarah kerajaan. kegaiatan tersebut berlangsung di Gedung SKB Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Kegiatan seminar sejarah Kerajaan tersebut diikuti oleh 134 peserta dalam 10 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten setempat yang bertujuan untuk mengenal asal usul sejarah raja-raja dalam kabupaten setempat serta untuk lebih giat lagi menggalli sejarah yang ada dalam wilayah tersebut.

Untuk kegiatan tersebut, menurut Kadisbudparpora T.Syahridar,SE,M.PA yang diwakili oleh sekretaris Rahmi Rukhyat,S.P,M.P, akan diberikan meteri oleh pegiat sejarah Nagan Raya yaitu Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) Aceh T.R.Keumangan,S.H,M.H serta Kadis Syariat Islam setempat Abdul Kadir,S.Pd,SE.

Bupati nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini dalam sambutannya mengatakan, adat dan sejarah raja-raja kabupaten setempat merupakan suatu kebanggaan, pasalnya adat serta budaya Nagan Raya terkenal di Nusantara. Selain itu Nagan Raya juga merupakan satu satunya Kabupaten/Kota di Provinsi aceh yang masih mempertahankan adat dan budaya leluhur, sehingga masyarakat Kabupaten setempat msih berpegang teguh terhadap hadih maja Gadeuh Aneuk meupat jeurat, gadeuh adat tanpat tamita.


Ketua FSKN Aceh T.R Keumangan,S.H,M.H atau sering disapa TRK dalam materinya mengatakan, raja-raja yang ada dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya telah banyak berkiprah baik dimasa kerajaan Nusantara, masa penjajahan, zaman kemerdekaan bahkan masa pembangunan saat ini. Dan hubungan emosional raja-raja Nagan Raya telah terjalin serta berkembang beberapa kerajaan diwilayah daerah tersebut.


Lebih lanjut TRK mengatakan, kerajaan yang ada dalam Kabupaten tersebut antara lain kerajaan Beutong Banggalang berpusat di Beutong Ateuh, Kerajaan Seunagan berpusat di Jeuram serta kerajaan Seuneuam yang berpusat di Ujong Raja Kecamatan Darul Makmur. Dari tiga kerajaan besar tersebut diabadikan menjadi nama Kabupaten yang lahir pada tahun 2002. Dan TRK juga berharap, agar peserta seminar dapat mendalami terus tentang sejarah raja Nagan, supaya nantinya akan menjadi warisan terhadap anak cucu dimasa yang akan datang.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32