Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

ZIS NAGAN RAYA TAHUN 2016 MENCAPAI 10 MILYAR

Kategori : Agama Rabu, 21 Desember 2016 - Oleh adminweb

Suka Makmue- Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya untuk tahun 2016 mampu mengumpulkan Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) mencapai 10 Milyar lebih. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Baitul Mal setempat selasa(20/12) dalam kegiatan sosialisasi ZIS untuk perusahaan swasta dan usaha lainnya yang berlangsung di Aula Kantor BPM-PKB Kompleks Perkantoran Suka Makmue.


Tujuan atau hasil yang diharapkan dalam sosialisasi tersebut agar peserta dapat mengetahui dan memahami serta melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim dalam menunaikan zakat, baik yang bersumber dari penghasilannya yang telah mencapai nisab, maupun zakat usaha atau perrniagaan sesuai aturan syariat islam. Kegiatan Sosialisasi tersebut di ikuti oleh 60 orang yang dilaksanakan selama satu hari penuh serta akan diberikan materi oleh nara sumber Baitul mal Aceh.


Sekretaris Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya Anzani,S.Ag dalam laoprannya mengatakan, untuk ZIS tahun 2015 dan disalurkan tahun 2016 sebesar Rp.6.012.800.000,. dan dana tersebut telah disalurkan sesuai dengan asnaf masing masing. Untuk senif fakir dan miskin selain disalurkan dalam bentuk dana, Baitul Mal setempat juga menyalurkan dalam bentuk pembangunan rumah baru, dan sampai dengan ini Baitul mal Nagan Raya telah membangun rumah permanen type 36 untuk fakir miskin sejumlah 228 unit.


Sedangkan pendapatan tahun 2016 menurut Anzani sampai dengan bulan november telah berhasil dikumpul melalui rekening Baitul setempat Rp 9 Milyar lebih, dan menurutnya dana tersebut mencapai 10 Milyar pasalnya masih tersisa waktu untuk mengumpulkan ZIS tersebut satu bulan lagi.


Bupati Nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini dalam sambutannya mengatakan, untuk tahun 2017 mendatang setiap perusahaan yang beroperasi di Kabupaten setempat diharuskan untuk membayar zakat ke Baitul Mal sebagaimana yang telah diatur dalam intruksi Bupati nomor 450/104/2016, dimana setiap perusahaan yang ingin mengurus izin operasionalnya di Kabupaten setempat diwajibkan untuk melampirkan bukti setoran zakat, dan tanpa bukti tersebut Kantor pelayanan perizinan terpadu tidak boleh memproses izin perusahaan yang bersangkutan.


Disisi lain H.T Zulkarnaini juga berharap, agar lembaga Baitul Mal sebagai lembaga yang dipercaya untuk mengelola ZIS supaya untuk berkerja lebih profesional, amanah dan transparan serta dengan manajemen yang terbuka, sehingga semakin mendapat kepercayaan masyarakat dimasa yang akan datang. Dalam kesempatan tersebut Bupati H.T Zulkarnaini juga menyerahkan penghargaan zakat award untuk beberapa perusahaan di Kabupaten setempat.