Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Indeks Berita

Bupati Rocky Dianugerahi Yokatta Golden Awards 2017

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh|24 Mei 2017

JAKARTA – Benar-benar tersentak. Setelah dianggap mampu memimpin hampir mendekati lima tahun Periode 2012-2017, Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau akrap disapa Rocky meraih Penghargaan Yokatta Golden Awards 2017.

Pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi Majalah Yokatta News itu diberikan langsung oleh Pimpinan Umum Yokatta News, Yo Keng Hoat dalam Acara Penyerahan Penghargaan Yokatta Golden Awards 2017 di Hotel Grand Mercure Jakarta, Senin 22 Mei 2017 malam.

Yokatta menilai, bupati dari Partai Aceh (PA) ini mampu menjalankan tugasnya selaku kepala daerah dengan baik, bahkan mantan gerilyawan GAM ini juga dianggap satu-satunya bupati di Aceh yang berprestasi dalam menjalankan program ketahanan pangan secara nasional.

“Ada beberapa item yang menjadi penilaian kita, diantaranya Bupati Aceh Timur mampu mendongkrak ekonomi masyarakat dibidang pertanian,” kata Yo Keng Hoat seraya menyebutkan, sebelum memberikan penghargaan tersebut pihaknya telah menerjunkan tim khusus untuk memantau kinerja kepala daerah dibeberapa wilayah untuk menentukan nominasi.

Sebelum menutup sambutannya malam itu, Yo Keng Hoat mengharapkan, penghargaan tersebut bisa menjadi salah satu motivasi Bupati Rocky dan bupati serta walikota dibeberapa daerah lain dalam mendongkrak ekonomi masyarakat demi mensejahterakan rakyat disisir hingga pinggiran.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-3 Majalah Nasional Yokatta News. Selain Bupati Rocky, Pimpinan Umum Majalah Yokatta News juga memberikan penghargaan yang sama kepada para menteri, pejabat dan tokoh lainnya. Penerima penghargaan ini dianggap telah memberikan inspirasi, inovasi dan prestasi kepada bangsa.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H.Hasballah HM.Thaib atau Rocky mengatakan penghargaan tersebut dianggap bukan hanya miliknya, tetapi milik seluruh masyarakat Aceh Timur. “Berkat bantuan dan kerjasama serta kerja keras semua pihak, termasuk pejabat SKPD, sehingga dianugerahi penghargaan ini. Terimakasih Yokatta,” ujar Rocky. (***).

 

The post Bupati Rocky Dianugerahi Yokatta Golden Awards 2017 appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Jelang Ramadhan, Gubernur Perintahkan Jaga Stabilitas Harga

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh | 24 Mei 2017

Jelang Ramadhan, Gubernur Perintahkan Jaga Stabilitas Harga

The post [Video] Jelang Ramadhan, Gubernur Perintahkan Jaga Stabilitas Harga appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Gubernur Serahkan Bus Operasional Pendidikan

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh |24 Mei 2017

Gubernur Serahkan Bus Operasional Pendidikan

The post [Video] Gubernur Serahkan Bus Operasional Pendidikan appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Al Fityan School Aceh Wisuda 198 Lulusan

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh | 24 Mei 2017

BANDA ACEH-Lembaga pendidikan Islam Al Fityan School Aceh, kembali mewisudakan 198 lulusan periode 2016/2017. Prosesi wisuda berlangsung Selasa, (23/05/2017), dalam wisuda dan Tasyakur Al Qur’an, di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam, Banda Aceh.

Direktur Al Fityan School Aceh, Tgk. Bustanul Arifin, S.Pd.I, mengatakan pihaknya juga mewisudakan para lulusan terbaik, terbaik hafalan Al Qur’an dan siswa teladan. Lulusan terbaik, sebut ia, jenjang SMAIT diraih Vera Ferina Melani, SMPIT, Fariza Dwi Prisnanda dan jenjang SDIT, Andi Naurah Firyal Iklilia.
Selanjutnya untuk terbaik hafalan Qur’an, jenjang SMA diraih Diyah Farhanah Agadhira mampu menghafal 11 Juz, jenjang SMP, diraih Faris Rasyid, ia mampu menghafal enam Juz, jenjang SD, Naula Fahmi 3,5 Juz dan tingkat TK diperoleh Ihsan Alkharismi (24 surah) disusul Muizzah Afrahunnisa (34 surah).
“Hari ini kita juga mewisudakan enam siswa teladan. Untuk jenjang SD diraih Hazel Arrafif dan Hulwah Yumna, jenjang SMP diraih Birru Beuguna/Riska Raudatul Jannah dan jenjang SMA diraih Amna Yusra/Suci Damayanti MW,” katanya menyebutkan.
“Kami mengaku bangga kepada para lulusan yang dilakukan wisuda ini. Sebab, ada tujuh orang yang telah mampu menghafal Al Qur’an sebanyak 30 Juz. Tentunya ini akan menjadi sebuah kebahagian tersendiri bagi kami selaku yayasan,” tambah Tgk. Bustanul Arifin, S.Pd.I.
Masih kata Ia, lulusan yang diwisudakan itu dibagi dalam tiga angkatan meliputi, angkatan ke-X jenjang TKIT, SDIT, dan SMPIT. Untuk angkatan ke-VII terdiri dari SMAIT serta angkatan ke-III yaitu, Markaz Tahfizh Al Qiur’an.
“Untuk tahfizh, kita juga menyediakan lembaga khusus untuk putri. Dan, bagi yang berprestasi, juga disediakan hadiah serta bonus berupa beasiswa terutama yang melanjutkan pendidikan,” sebut Tgk. Bustanul Arifin, S.Pd.I.
Pihaknya berkomitmen untuk mendidik anak bangsa untuk menjadi pribadi yang islami, shaleh, cerdas, kreatif, mandiri dan berkarakter. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya kegiatan keagamaan dan pembentukan karakter.
Menurut Tgk. Bustanul Arifin, pada tahun 2015 lalu, pihaknya berhasil mengikut sertakan beberapa pelajar untuk mengikuti hafizh Indonesia.
“Meskipun belum berhasil meraih juara ditingkat nasional. Namun, pada intinya kita benar–benar mempunyai komitmen untuk mendidik generasi bangsa menjadi pribadi yang islami, shaleh, cerdas, kreatif, mandiri dan berkarakter,” katanya.(*)
​​​​

The post Al Fityan School Aceh Wisuda 198 Lulusan appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

BKPSDM Banda Aceh Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan ASN

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh | 24 Mei 2017

Banda Aceh – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Banda Aceh mengadakan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Aparatur Sipil Negara (SIP ASN) kepada pejabat SKPD  di lingkungan Pemko Banda Aceh. Acara ini dibuka langsung oleh asisten Administrasi Umum, M. Nurdin SSos Selasa (23/5/2017) di Aula Gedung ITLC Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Nurdin mengapresiasi BKPSDM Banda Aceh yang terus mengembangkan inovasi-inovasi dalam menciptakan aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan para pegawai di lingkungan Kota Banda Aceh. Ia berharap BKPSDM terus memperbaiki aplikasi yang sudah ada dan mengembangkan aplikasi  terkait lainnya.

“Saya berharap dalam acara ini selain mengenalkan dan memberikan pemahaman, ada juga feedback dari bapak ibu sekalian berupa masukan-masukan dan kendala dari aplikasi ini, sehingga dapat terus memperkaya aplikasi ini ke depan hingga terus memudahkan pegawai dalam melakukan pekerjaannya,” imbuh Nurdin.

Nurdin juga berharap ke depan BKPSDM Banda Aceh mengembangkan semua aplikasi yang telah dikembangkan dengan sistem keuangan, sehingga reward yang diberikan lebih efektif dan dapat meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Aplikasi sitem informasi pelayanan ini, lanjut Nurdin, sebenarnya merupakan suatu kebutuhan mendasar bagi pemerintahan. Kenaikan pangkat tak perlu diusulkan dapat dinilai dari kinerja yang diinput. Hak-hak kepegawaian adalah dasar untuk membuat pelayanan yang bisa memudahkan pegawai.

“Dalam SIP, semua aplikasi yang dikembangkan adalah untuk memudahkan pegawai dalam melaksanakan kerjanya. Ini salah satu rencana oleh Pemko Banda Aceh sejak lama. SIP ini sebenarnya suatu kebutuhan mendasar bagi administrasi negara. Semua aplikasi terus dikembangkan dan diintegrasikan dengan segala kebutuhan pegawai,” ujar Nurdin seraya menambahkan, harapan ke depan aplikasi ini juga dapat mencatat pegawai yang pensiun dan meninggal, sehingga pegawai bersangkutan atau keluarganya tidak perlu repot mengurus berkas-berkas untuk mendapatkan hak-haknya karena secara otomatis diproses oleh aplikasi.

Nurdin mengakui dalam pengembangan aplikasi ini bukanlah hal yang mudah karena memadukan beberapa kebutuhan dan kepentingan. Ia mengapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam pekerjaan ini sehingga Pemko Banda Aceh menjadi salah satu lembaga pemerintahan terbaik di Indonesia dalam hal pengelolaan kepegawaian.

“ini terbukti Beberapa waktu lalu kita memperoleh penghargaan, Banda Aceh terus melakukan terobosan-terobosan, ini tentu suatu kebanggaan. Mohon dukungan dan doa agar Pemko terus melakukan inovasi, karena ini adalah dari kita untuk kita,” tutupnya.

Acara ini juga ditandai dengan penandatanganan dukungan terhadap SIP ASN oleh 5 perwakilan SKPD Pemko Banda Aceh yaitu Sekretariat daerah, BKPSDM, Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK), Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) dan Infokom. Selain itu ada juga pengisian form persetujuan dukungan dan saran aplikasi oleh peserta yang hadir dalam acara tersebut.(hfz)

 

The post BKPSDM Banda Aceh Gelar Sosialisasi Sistem Informasi Pelayanan ASN appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Banda Aceh Kerja Sama Program Sanimas dan TPS-R3 dengan Ditjen Cipta Karya

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh | 24 Mei 2017

Bali – Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal memenuhi undangan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU dan Perumahan Rakyat untuk mengikuti acara sosialisasi Program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS-3R).

Acara tersebut berlangsung di Hotel Sanur Paradise, Denpasar, Bali, Selasa (23/5/2017). Pada kesempatan itu, Illiza dan sejumlah wali kota/bupati dari 27 provinsi se-Indonesia juga menandatangani kerja sama Program Sanimas dan TPS-3R dengan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Cipta Karya Dodi Krispatmadi.

Dari Aceh turut hadir Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib dan Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam. Usai sambutan dan pembukaan acara oleh Dirjen Dipta Karya Sri Hartono, para peserta undangan mengukuti sesi talkshow dengan tema Keberlanjutan Pengelolaan Infrastruktur Berbasis Masyarakat untuk Mendukung Pencapaian Universal Akses Sanitasi 2019.

Pada sesi ini dibahas secara mendalam mengenai implementasi kebijakan dan program Sanimas dan TPS-3R, serta pembelajaran best practice Sanimas dan TPS-3R. Pematerinya, selain dari Kementerian PUPR, juga dihadirkan perwakilan dari Kemendagri, Kementerian Kesehatan, serta Duta AMPL Ike Nurjanah.

Sebagai penutup kegiatan, pihak panitia juga rencananya akan mengadakan kunjungan lapangan (studi banding) ke sejumlah lokasi program Sanimas dan TPS-3R yang ada di Bali. (Jun)

The post Banda Aceh Kerja Sama Program Sanimas dan TPS-R3 dengan Ditjen Cipta Karya appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Saat Gubernur Mengutip Sampah di Baiturrahman

Rabu, 24 Mei 2017

Humas Aceh | 24 mei 2017

Banda Aceh — Kunjungan Gubernur Zaini Abdullah, ke Masjid Baiturrahman Banda Aceh, pada Selasa (23/05/2017) sore terasa berbeda dengan kunjungan-kunjungan sebelumnya. 

Jika biasa, Abu Doto, sapaan Gubernur Zaini pergi dengan tujuan melakukan inspeksi mendadak, meninjau proyek pembangunan masjid atawa sekedar salat berjamaah di sana, tapi pada sore itu, gubernur berkunjung untuk menyaksikan keindahan dan keagungan masjid mulia itu.

Gubernur ikut berbaur dengan masyarakat umum. Tak ada kesan bahwa ia adalah orang nomor satu di provinsi berjuluk Serambi Mekah itu.

Melihat sampah di beberapa sudut masjid, Zaini Abdullah langsung mengutipnya. Ia berjongkok, memungut beberapa puntung dan botol air mineral di sebuah sudut di halaman depan masjid yang pembangunannya baru diresmikan Jusuf Kalla pekan lalu. Beberapa masyarakat yang hadir kemudian ikut serta. Mereka ikut mengutip sampah. Bahkan dari celah gorong-gorong di kolam masjid.

Kepada semua masyarakat, gubernur berpesan agar senantiasa menjaga keberhasilan. Apalagi, Masjid Baiturrahman merupakan salah satu ikon penting Provinsi Aceh.

“Selaku Muslim yang baik, kita tidak hanya harus memakmurkan masjid, tapi juga selalu menjaganya tetap bersih dan rapi,” ujar Gubernur Zaini.

“Apalagi Ramadan tinggal menghitung hari. Ayo sama-sama kita jaga masjid ini,” ujar Zaini Abdullah. []

The post Saat Gubernur Mengutip Sampah di Baiturrahman appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Efektifitas Cabang Dinas Dibahas dalam Rakorpanda Se-Aceh di Takengon

Selasa, 23 Mei 2017

Humas Aceh | 19 Mei 2017

Takengon- Adanya suatu rumusan atau rekomendasi pembentukan cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah di Aceh menjadi fokus Rapat Pendayagunaan Aparatur  Negara di Daerah (Rakorpanda) se Aceh yang dilaksanakan di Takengon, 17-18 Mei 2017.

Kepala Biro Organisasi Setda Aceh selaku Ketua Panitia, Ramli Daud mengatakan melalui Rakorpanda diharapkan muncul sinergisitas dan sinkronisasi dalam pembentukan cabang dinas dan unit pelaksana teknis daerah di Aceh.

“Rakorpanda kali ini difokuskan pada kebijakan penataan kelembagaan dan pengelolaan SDM aparatur dalam wujud menilai efektivitas pembentukan cabang dinas dan unit pelaksana teknis sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,” katanya, Kamis 18 Mei 2017.

Rakorpanda diikuti 100 peserta yang terdiri dari para Asisten, Kabag Organisasi Kabupaten/Kota, pejabat eselon III yang membidangi kelembagaan pada Satuan Kerja Perangkat Aceh dan Biro-biro di lingkungan Setda Aceh.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan dan Kesra,  Mursyid menyambut baik pelaksanaan Rakorpanda di Takengon dan mengharapkan rapat tersebut dapat menghasilkan rekomendasi strategis dalam mewujudkan kepemerintahan yang baik di Aceh. (MK)

 

The post Efektifitas Cabang Dinas Dibahas dalam Rakorpanda Se-Aceh di Takengon appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Takengon Diusulkan masuk Agenda Tour of Indonesia

Selasa, 23 Mei 2017

Humas Aceh | 18 Mei 2017

Takengon- Ibukota Kabupaten Aceh Tengah,  Takengon diagendakan masuk dalam event balap sepeda Tour of Indonesia pada tahun mendatang. Hal tersebut dikemukakan pengurus ISSI pusat, Woro Angreni Wiganti ketika bertemu Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, Rabu 17 Mei 2017 di Takengon. 

“Takengon kita usulkan masuk dalam agenda Tour of Indonesia tahun depan yang nantinya direncanakan mulai dari Banda Aceh” katanya
Kehadiran Woro Angreni Wiganti di Takengon dalam rangkaian rombongan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang merupakan salah satu program unggulan dalam Gerakan #AyoOlahraga Kemenpora.
Start awal rombongan GPN ini mulai dari titik Nol Kilometer Sabang yang pelepasannya dilakukan oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi S.Ag, Minggu 14 Mei 2017 lalu.
“Sudah lama sekali ingin ke Takengon dan akhirnya kesampaian, sebenarnya kami bisa pilih jalur pantai yang lebih landai, namun karena besarnya tekad untuk ke Takengon akhirnya kita lakukan, ” ujar Woro yang merasa kelelahan menempuh jalur ke Takengon terbayarkan dengan keindahan hamparan kebun kopi dan keindahan Danau Laut Tawar.
Setelah menginap semalam di Tekengon, Rombongan PGN hari itu dilepas oleh Wakil Bupati Khairul Asmara ke Bener Meriah untuk selanjutnya menuju Lhokseumawe.
Disela pelepasan tersebut Khairul mengharapkan rombongan PGN dapat menceritakan kesan kepada masyarakat di daerah lain tentang pesona daerah di wilayah tengah Aceh itu. (MK)

The post Takengon Diusulkan masuk Agenda Tour of Indonesia appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Sambut Ramadan, Pemko Banda Aceh Gelar Zikir dan Tausiah

Selasa, 23 Mei 2017

Humas Aceh | 23 mei 2017

Banda Aceh – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1438 H, Pemerintah Kota Banda Aceh mengggelar zikir akbar dan tausiah di Taman Bustanussalatin, Senin (22/5/2017). Lantunan zikir dipimpin oleh Tgk Zahuri Ramli, Pimpinan Zikir Nurun Nabi. Sementara tausiah disampaikan oleh Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian.

Ajang yang dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal ini dihadiri oleh seribuan jamaah yang terdiri dari para pegawai di lingkungan Pemko Banda Aceh, unsur TNI/Polri, pelajar, dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya, Illiza menyebutkan bagi orang-orang yang beriman, Ramadan adalah bulan penuh nikmat, dan paling indah dalam perjalanan seorang manusia  menemukan Mahabbahnya. “Sebab pada bulan inilah terhimpun berbagai kelebihan, terbuka hijab pembatas antara Allah dengan hambanya. Inilah penghulunya bulan, dimana di dalamnya terdapat satu malam Qadar, yakni malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.”

Menurutnya, menyambut bulan suci Ramadan tidak cukup dengan hanya melakukan pawai, membeli pakaian baru atau menyelenggarakan acara seremonial semata. Akan tetapi lebih dari itu, Ramadan mesti dimaknai dan disambut dengan kesiapan rohani nan matang. “Ramadan harus disambut dengan ilmu, diterima dengan segenap keluasan dan kesucian jiwa dari segala bentuk noda-noda batiniah.”

“Hanya dengan kesiapan yang matanglah kita dapat bertaqarrub dengan sempurna kepada Allah. Ketika itu terjadi, maka kita akan dapat berhasil meraih level takwa sebagaimana yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang berpuasa dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya; Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.”

“Semoga Ramadan dapat mengantarkan kita menjadi hamba-hamba yang bertakwa, menjadi hamba-hamba-Nya yang hanyut oleh rasa cinta yang penuh seluruh hanya kepada Allah semata,” pungkasnya. (Jun)

The post Sambut Ramadan, Pemko Banda Aceh Gelar Zikir dan Tausiah appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.